Selasa, 06 Desember 2011


CATATAN SAINS
 
  1. Kelelawar termasuk mamalia nocturnal/ mencari makan di malam hari yang bisa terbang. Kelelawar memiliki organ pendengaran yang tajam yaitu sanggup mendengar bunyi dengan frekwensi di atas 20.000 Hertz (Ultrasonic) sehingga bisa melakukan Ekolokasi (memetakan lingkungan untuk terbang, mencari mangsa dll dengan menggunakan gelombang suara) atau sistem sonar. kelelawar tinggal di tempat yang gelap dan lembab dan sembunyi di siang hari untuk menghindari dehidrasi.
  2. Tumbuhan air (hidrofit) biasanya memiliki ciri : berdaun lebar dan tipis, banyak stomata untuk membantu penguapan, batang berongga untuk membantu bernafas dan mengapung di air, dan akar yang pendek dan kecil.
  3. Tumbuhan yang hidup di daerah kering ( xerofit) memiliki ciri : batang tersusun atas jaringan spon untuk menyimpan cadangan air (menggembung di waktu musim penghujan, dan menyusut di waktu musim kemarau), daun bebrbentuk duri dan tettutup lapisan lilin (kutikula), stomata sedikit untuk mengurangi penguapan dan berakar panjang dan relatif besar.
  4. vivipar (hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan ) secara umum memiliki ciri : berdaun telinga, menyusui anaknya/mamalia, dan memiliki rahim.
  5. Sedangkan ovipar/bertelur memiliki ciri, tidak berdaun telinga dan tidak memiliki rahim.
  6. Pelapukan pada kayu dapat di cegah dengan cara : mngecat kayu tersebut, menghidarkan kontak dengan air, melapisi dengan vernis/minyak tanah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar