Minggu, 23 Mei 2010

SERBA-SERBI INTERNET

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. 

Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. (SUMBER: WIKIPEDIA.COM)

SEBAGIAN AKTIVITAS MENGGUNAKAN INTERNET

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). 
(HABSI. SUMBER: adnanhabsi.blogspot.com/2009/10/pengertian-dan-etika-chatting.html)

BROWSING

Sebelum mengetahui pengertian browsing, kita perlu tahu terlebih dahulu pengertian web atau homepage. Web adalah kumpulan dokumen yang bisa diakses baik secara remote ataupun lokal yang bisa diakses oleh semua orang dengan menggunakan software yang bernama web browser. Browsing adalah proses mengakses konten web dengan menggunakan web browser.

Web browser yang bisa kita gunakan bermacam-macam. Yang paling terkenal adalah Internet Explorer keluaran Microsoft. Selain itu, ada juga Mozilla, Netscape, Opera, dan lain sebagainya.
(sumber: students.ee.itb.ac.id/~fajri/manual/browsing.doc)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar